7 Aktivitas Harian yang Dapat Menghemat Uang

7 Aktivitas Harian yang Dapat Menghemat Uang

Membangun kebiasaan pengeluaran yang sehat bisa memakan waktu. Tetapi seperti membuat perubahan gaya hidup baru, ada baiknya memulai kebiasaan menghemat uang dari yang kecil dengan hal-hal yang dapat Anda lakukan setiap hari.

Menghabiskan uang untuk kebutuhan dasar Anda seperti makanan, gas, dan sewa adalah sah dan tidak dapat dihindaritetapi ada cara untuk menurunkan pengeluaran Anda secara keseluruhan sehingga dapat menempatkan lebih banyak uang untuk masa pensiun, rumah, investasi, atau dana darurat Anda.

Berikut adalah kegiatan yang dapat Anda tambahkan ke hari Anda untuk membantu Anda menghemat lebih banyak uang untuk tujuan keuangan jangka panjang Anda.

1. Buat kopi Anda sendiri di pagi hari

Membeli kopi setiap hari adalah ritual bagi banyak orang, tetapi itu mahal. Anda tidak harus berhenti minum kopi setiap hari, tetapi Anda akan menghemat banyak dengan membuatnya sendiri. Jika Anda penggemar kopi yang menginginkan cita rasa kafe, carilah mesin kopi berkualitas. dan pembuih susu.

2. Cabut perangkat yang menguras energi untuk menghemat biaya listrik

Turunkan tagihan listrik Anda dan bantu planet ini dengan mengidentifikasi beban listrik di rumah Anda—alias semua perangkat yang menganggur tetapi masih terpasang. Juga dikenal sebagai penguras energi vampir, perangkat elektronik seperti pengisi daya telepon, kabel komputer, dan teko kopi menghabiskan banyak energi. Membiasakan mencabut perangkat dan peralatan saat tidak digunakan dapat menghemat uang untuk tagihan energi Anda. Kebiasaan hemat energi lainnya adalah mencuci pakaian dengan air dingin, dan menjemur pakaian hingga kering.

3. Lacak pengeluaran harian Anda

Catat berapa banyak uang yang Anda habiskan setiap hari. Anda dapat menggunakan semua jenis anggaran atau aplikasi penganggaran yang berfungsi untuk memantau pengeluaran harian Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang dapat Anda kurangi dengan lebih baik.

“Menyimpan uang itu sulit jika Anda tidak tahu ke mana perginya uang Anda,” kata Marissa Zen, pakar keuangan pribadi dan pemilik blog hidup minimalis Squirrels of a Feather, seperti dilansir dari laman Real Simple. Pastikan Anda melacak setiap rupiah yang Anda belanjakan. Tidak mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan keluar dapat menyebabkan kecemasan finansial—melacak pengeluaran harian Anda dapat membantu Anda mendapatkan gambaran sebenarnya tentang uang Anda dan membantu Anda membuat keputusan uang yang lebih cerdas saat bepergian.

4. Tunggu 30 hari sebelum Anda membeli

Pembelian impulsif adalah hal lain yang menguras uang Anda. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran impulsif yang Anda lakukan secara teratur. Menghasilkan anggaran realistis yang dapat Anda patuhi adalah salah satu cara untuk membantu mengekang pengeluaran berlebihan untuk hal-hal yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

Zen merekomendasikan untuk menunggu 30 hari untuk membeli barang, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya barang tersebut. “Aturan 30 hari dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran impulsif dan menghemat lebih banyak uang saat Anda menjadi lebih baik dalam mengidentifikasi keinginan versus kebutuhan Anda,” jelas Zen.

5. Luangkan waktu untuk merapikan atau menemukan barang untuk dijual

Tanya Peterson, pakar keuangan konsumen dan wakil presiden merek di Freedom Financial Network, mengatakan untuk meluangkan waktu 15 hingga 30 menit setiap hari untuk membersihkan laci, atau lemari yang perlu dibersihkan. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menyumbangkan atau membuang barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan. “Setelah selesai, lanjutkan mencurahkan waktu harian (sesuai kebutuhan) untuk menjual barang-barang yang tidak dibutuhkan secara online,” kata Peterson. Dia mengatakan kebanyakan orang dapat menghasilkan setidaknya beberapa ratus dolar dengan cara ini.

Alih-alih menyisihkan waktu akhir pekan, menjadikannya kebiasaan sehari-hari jauh lebih tidak menakutkan — dan merupakan cara yang baik untuk membuat diri Anda benar-benar melakukannya. Anda akan menghemat uang dan tahu bahwa Anda menggunakan semua yang Anda miliki, dan tidak akan menghabiskan uang untuk sesuatu yang mungkin sudah Anda miliki di rumah.

6. Makan di rumah

Cobalah untuk memasak dan makan di rumah lebih sering. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menabung, meskipun kebiasaan itu mungkin sulit dibentuk pada awalnya. Makan lebih banyak makanan rumahan dapat membantu Anda makan lebih sehat dengan anggaran terbatas.

“Batasi diri Anda untuk satu perjalanan seminggu untuk bahan makanan,” kata Jenna Lofton, penasihat keuangan bersertifikat dan pendiri panduan perdagangan saham Stock Hitter. Lofton menyarankan untuk memanfaatkan kupon belanjaan dan membeli makanan dalam jumlah besar untuk menghemat lebih banyak uang di toko bahan makanan.

Setelah Anda memiliki bahan makanan Anda, biasakan menyisihkan waktu setiap minggu untuk menyiapkan makanan Anda terlebih dahulu. “Lihat pamflet belanjaan atau aplikasi toko lokal Anda untuk melihat apa yang diobral dan buat rencana makan untuk minggu yang sesuai, dengan fokus pada makanan murah,” kata Zen.

Ini tidak berarti Anda harus berhenti makan di luar sama sekali—melakukan lebih banyak upaya untuk merencanakan makanan di rumah dengan sesekali makan di luar di restoran (seperti pada akhir pekan) masih dapat membantu Anda menghemat uang untuk makanan.

7. Menyisihkan uang kertas

Trik penghematan klasik ini sederhana—setiap kali Anda mendapatkan uang kertas berapapun nilainya, masukkan ke dalam toples. Perencana keuangan bersertifikat dan CFO panduan belanja ritel FindThisBest, Alex Williams, bersumpah akan hal itu. “Permainan ini sangat sederhana dan membantu menghemat uang dalam jumlah yang luar biasa juga,” kata Williams.

DeviaBukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia.

Posting Komentar untuk "7 Aktivitas Harian yang Dapat Menghemat Uang"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *