Cara Aneh Mengatasi Insomnia dengan Tetap Terjaga, Apakah Bisa?

Cara Aneh Mengatasi Insomnia dengan Tetap Terjaga, Apakah Bisa?

Hampir semua orang pernah mengalami insomnia. Gangguan tidur ini akan menurunkan kualitas tidur. Ada banyak cara untuk mengatasi insomnia. Namun demikian, mungkin kamu bakal merasa aneh dengan metode yang satu ini.

Direktur Klinis dan Apoteker Pengawas di Medicine Direct, Hussain Abdeh menyampaikan, salah satu cara tidur tercepat adalah dengan meningkatkan kecemasan. “Ini adalah metode paradoks yang mendorong pasien insomnia untuk berhenti mencoba tertidur dengan tetap terjaga selama mungkin,” kata Hussain Abdeh seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu 1 Desember 2021.

Menurut dia, dalam kasus susah tidur atau insomnia, maka orang yang merasa cemas berlebihan justru memungkin dia untuk tertidur. Jadi, kalau kamu mengalami insomnia, maka berusahalah sekuat mungkin untuk tetap terjaga. Metode ‘paradoxical intention’, Hussain Abdeh melanjutkan, merupakan teknik psikoterapi yang mendorong seseorang untuk menghadapi ketakukannya.

Seperti diketahui, insomnia akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, mengakibatkan ganggan fisik dan mental. Gangguan fisik yang dirasakan antara lain nyeri, sakit kepala, lesu, dan mengganggu kesehatan mental, seperti depresi dan cemas.

“Seringkali ketika kita merasa cemas tentang sesuatu hal. Saat itu terjadi, artinya kita terlalu memikirkan masalahnya,” kata Hussain Abdeh. “Sebab itu, jika orang tersebut berhenti mencoba untuk tertidur dan sengaja membuat dirinya tetap terjaga selama mungkin, maka mereka lambat laun akan merasa lelah untuk terus-menerus merasa cemas. Kondisi ini membuat mereka lebih mudah tertidur.”

Seorang ahli tidur dari Dormeo UK, Phil Lawlor mengatakan, metode paradoxical intention harus dengan bimbingan terapis. “Metode ini memiliki manfaat jangka panjang, yakni mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur pasien,” katanya. Secara fisiologis, hal ini akan membuat tubuh dan otak lebih rileks. Singkatnya, ketika mengalami insomnia, paksa diri untuk tetap terjaga, dan tidur akan datang dengan sendirinya.

DeviaBukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia.

Posting Komentar untuk "Cara Aneh Mengatasi Insomnia dengan Tetap Terjaga, Apakah Bisa?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *