Macam Pengobatan Kanker Prostat, Kenali Bedanya

Macam Pengobatan Kanker Prostat, Kenali Bedanya

Kanker prostat terjadi ketika sel-sel yang ada pada organ reproduksi pria tersebut mengalami mutasi. Ada sejumlah cara mengobati kanker prostat yang bisa dilakukan saat orang terdiagnosis menderita penyakit ini.

Pada stadium awal atau ketika perkembangan sel kanker belum terlalu pesat, penderita kanker prostat mungkin tidak akan mendapatkan penanganan khusus melainkan hanya akan diawasi secara intensif oleh dokter. Dokter mungkin saja akan membuat jadwal rutin untuk melakukan sejumlah tes, seperti prostate specific antigen (PSA) dan biopsi prostat. Tujuannya, untuk memantau perkembangan kanker.

Apabila sel kanker sudah berkembang ke tahap yang lebih lanjut, barulah dokter akan menerapkan sejumlah terapi sebagai pengobatan. Berikut di antaranya.

Terapi hormonTerapi hormon adalah pengobatan kanker dengan menghilangkan hormon atau menghalangi aksinya dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Hormon adalah zat yang dibuat oleh kelenjar dalam tubuh dan diedarkan dalam aliran darah. Pada kanker prostat, hormon seks pria dapat menyebabkan kanker prostat tumbuh. Obat-obatan, pembedahan, atau hormon lain digunakan untuk mengurangi jumlah hormon pria atau menghalanginya bekerja. Ini disebut terapi deprivasi androgen (ADT).

KemoterapiKemoterapi adalah pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker, baik dengan membunuh sel atau dengan menghentikan pembelahannya. Ketika kemoterapi dilakukan melalui mulut atau disuntikkan ke pembuluh darah atau otot, obat memasuki aliran darah dan dapat mencapai sel kanker di seluruh tubuh (kemoterapi sistemik).

Terapi yang ditargetkanTerapi bertarget adalah jenis pengobatan yang menggunakan obat-obatan atau zat lain untuk mengidentifikasi dan menyerang sel kanker tertentu. Terapi yang ditargetkan biasanya menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada sel-sel normal daripada kemoterapi atau terapi radiasi.

ImunoterapiImunoterapi adalah pengobatan yang menggunakan sistem kekebalan tubuh pasien untuk melawan kanker. Zat yang dibuat oleh tubuh atau dibuat di laboratorium digunakan untuk meningkatkan, mengarahkan, atau memulihkan pertahanan alami tubuh terhadap kanker. Perawatan kanker ini adalah jenis terapi biologis. Sipuleucel-T adalah jenis imunoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker prostat yang telah bermetastasis atau menyebar ke bagian tubuh lain.

Terapi bifosfonatObat bifosfonat, seperti klodronat atau zoledronat, mengurangi penyakit tulang ketika kanker telah menyebar ke tulang. Pria yang dirawat dengan terapi antiandrogen atau orkiektomi berada pada peningkatan risiko keropos tulang. Pada pasien, obat bifosfonat mengurangi risiko patah tulang. Penggunaan obat bifosfonat untuk mencegah atau memperlambat pertumbuhan metastasis tulang sedang dipelajari dalam uji klinis.

DeviaBukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia.

Posting Komentar untuk "Macam Pengobatan Kanker Prostat, Kenali Bedanya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *