Manfaat Layanan e-Banking bagi Nasabah, ini yang Perlu Diperhatikan

Manfaat Layanan e-Banking bagi Nasabah, ini yang Perlu Diperhatikan

Saat ini, layanan electronic banking (e-banking) menjadi tren dalam transaksi operasional perbankan. Kemunculan e-banking menjadi bentuk nyata dari implementasi kelahiran teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

e-banking merupakan bukti dari layanan perbankan yang semakin berkembang untuk mewujudkan layanan perbankan yang tidak melulu tentang uang tunai. Melansir dari laman ojk.go.id, keberadaan e-banking dinilai lebih efisien dan efektif dalam layanan perbankan modern.

Sebagaimana dikutip dari Buku Bijak dalam Ber-eBanking, hampir setiap bank umum memiliki layanan e-banking, seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM), SMS, telepon, Electronic Data Capture (EDC), dan Internet. Setiap tahunnya, transaksi e-banking mengalami peningkatan di beberapa bank. Kemudahan dan kenyamanan menjadi daya tarik utama layanan e-banking. Selain itu, e-banking juga memberikan beberapa manfaat untuk nasabah. Lantas, apa saja manfaat dari layanan e-banking?

Biaya transaksi yang murah Melansir dari Buku Bijak dalam Ber-eBanking, layanan e-banking dapat memangkas biaya-biaya tambahan, seperti biaya administrator. Hal ini karena nasabah dapat langsung memanfaatkan macam-macam layanan e-banking tanpa perantara pihak ketiga. Bahkan, beberapa layanan e-banking justru memberikan pendapatan bagi nasabah dari fee-based income.

Kemudahan dalam bertransaksi tanpa terbatasNasabah bank yang mengaktifkan layanan e-banking dapat melakukan transaksi kapan saja (anytime), di mana saja (anywhere), dan segala jenis perangkat (any device). Dengan demikian, nasabah dapat menikmati layanan perbankan tanpa batas waktu dan lokasi, khususnya layanan internet banking.

Keamanan tinggi Layanan e-banking dilengkapi oleh One Time Password (OTP) dan password yang hanya diketahui oleh pihak nasabah. OTP dan password ini dipakai sebelum digunakan layanan e-banking. Dengan begitu, meskipun layanan e-banking mudah digunakan kapan saja, di mana saja, dan menggunakan perangkat apa saja tetapi keamanannya tetap terjamin.

DeviaBukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia.

Posting Komentar untuk "Manfaat Layanan e-Banking bagi Nasabah, ini yang Perlu Diperhatikan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *