Musim Hujan Tiba, Tips Berkendara Sepeda Motor Tetap Aman

Musim Hujan Tiba, Tips Berkendara Sepeda Motor Tetap Aman

Musim penghujan telah tiba. Bagi Anda yang sering bepergian dengan menggunakan sepeda motor, perlu untuk menyediakan jas hujan sebagai antisipasi. Selain itu, Anda juga perlu mengantisipasi beberapa hal agar tetap aman saat berkendara.

Berikut cara aman berkendara sepeda motor saat hujan:

Hal ini berbeda dengan jas hujan tandem yang akan sedikit menyulitkan Anda berkendara. Selain itu, jas hujan tandem juga tidak terlalu efektif untuk melindungi tubuh Anda dari basah air hujan.

Usahakan untuk tidak asal rem mendadakSaat sedang hujan, jalanan tentu akan menjadi licin. Karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengerem secara mendadak untuk menghindari tergelincir dan terjatuh dari kendaraan Anda.

Untuk menghindari kemungkinan rem mendadak, Anda dapat memanfaatkan engine brake untuk membantu pengereman. Selain itu, Anda juga dapat menjaga jarak Anda dengan kendaraan lain.

Pastikan lampu kendaraan Anda hidupMeskipun saat ini pengendara sepeda motor diwajibkan untuk menghidupkan lampu baik pada siang maupun malam, tetapi tidak ada salahnya Anda tetap memastikan bahwa lampu kendaraan Anda menyala.

Apalagi, jika kondisi sedang hujan otomatis langit mendung dan jalan menjadi gelap. Sehingga lampu dapat menjadi solusi agar Anda tetap dapat melihat jalan dengan jelas

Tingkatkan kewaspadaan AndaHujan membuat kondisi jalan menjadi licin. Selain itu, tidak jarang air hujan membuat beberapa area jalan menjadi tergenang oleh air. Belum lagi, jalan yang berlubang menjadi tidak jelas ketika hujan.

Hal ini membuat Anda wajib untuk meningkatkan kewaspadaan apabila berkendara dalam kondisi hujan. Misalnya, Anda dapat mengurangi kecepatan berkendara Anda untuk meminimalisir potensi risiko.

Jika hujan semakin lebat, lebih baik berhenti sejenakSemua usaha di atas memang dapat membantu Anda untuk mengendarai sepeda motor dengan aman. Tetapi, apabila hujan turun semakin lebat dan kondisi memburuk, ada baiknya Anda berhenti untuk meneduh dan menunggu hingga cuaca membaik.

Hujan yang lebat akan membuat jarak pandang Anda saat mengendarai sepeda motor menjadi terbatas sehingga dapat membahayakan keselamatan berkendara. Selain itu, dengan berhenti untuk berteduh, Anda dapat mengistirahatkan badan. Sehingga, apabila cuaca membaik, Anda kembali siap untuk melanjutkan perjalanan.

DeviaBukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia.

Posting Komentar untuk "Musim Hujan Tiba, Tips Berkendara Sepeda Motor Tetap Aman"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *