Sebelum Membuat Nasi Kebuli, Pahami Dulu Ciri dan Jenis Beras Basmati

Sebelum Membuat Nasi Kebuli, Pahami Dulu Ciri dan Jenis Beras Basmati

Beras basmati ialah beras berbulir panjang dan ramping yang berasal dari India. Beras ini unik karena memiliki cita rasa pedas, dan umum dijadikan masakan andalan masyarakat India Utara. Dikatakan sebagai salah satu jenis beras terbaik, apa saja ciri umum dari beras basmati?

Selain dari cita rasa pedas dan ciri fisiknya yang panjang dan ramping, beras basmati dapat dikenali dari aromanya yang wangi dan semerebak saat dimasak, bahkan dikatakan bahwa beras basmati 12 kali lebih wangi dibanding beras aromatik lainnya. Selain itu, dikutip dari medium.com, beras basmati putih memiliki warna agak kuning keemasan, apabila dimasak, ia akan memiliki tekstur yang sedikit lengket, sehingga sangat cocok bila disandingkan dengan kari dan makanan bersaus lainnya.

Sedang itu, berdasar situs Basically di laman bonappetit.com, nama beras basmati diambil dari bahasa Hindi yang berarti harum. Pada awalnya, beras basmati hanya ditanam di India dan Pakistan, tetapi kini sudah banyak dibudidayakan di belahan negara lain. Namun, India masih menjadi negara pemasok sekitar dua pertiga dari pasokan global beras basmati sebagai bahan pokok pembuatan nasi kebuli.

Hingga kini, beras basmati hadir dalam dua varietas, putih dan cokelat. Keduanya memiliki rasa pedas dan aroma yang khas. Meski begitu, beras basmati putih lebih banyak melalui proses pembersihan, bagian kulit, dedak, dan kotoran akan dibuang. Sedang beras basmati cokelat, hanya perlu membuang kulitnya saja, hal ini berdasar penjelasan Web MD di situsnya webmd.com. Meski berbeda warna, kedua jenis beras basmati sama-sama mengandung banyak gizi, dan baik bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Bagaimana cara memasak beras basmati?

Mengutip Tilda di alamat tilda.com, memasak beras basmati original cukup melakukan langkah berikut ini:

1. Tambahkan satu cangkir beras basmati ke dalam mangkuk, kemudian rendam dengan air selama 20 menit.

2. Setelah direndam, tiriskan dan bilas beras basmati dengan air dingin, lalu tambahkan dua takaran air ke dalam satu takaran beras basmati, kemudian masukkan dalam panci, tutup, dan masak.

3. Didihkan beras basmati selama 10 sampai 12 menit di dalam panci, setelahnya, buka tutup panci dan biarkan selama 5 menit.

4. Setelah itu, angkat beras basmati yang telah matang dan sajikan dengan beragam menu makanan yang menjadi favorit Anda.

DeviaBukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan hidup kita bahagia.

Posting Komentar untuk "Sebelum Membuat Nasi Kebuli, Pahami Dulu Ciri dan Jenis Beras Basmati"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *